Sabtu, 10 Desember 2011

PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN

Pengertian Pendidikan
Dari penjelasan dosen dan beberapa buku referensi yang sempat saya baca bahwa pendidikan adalah sebuah proses pembekalan terhadap generasi muda yang dirancang dan dipersiapkan oleh orang dewasa atau orang yang memiliki pengetahuan lebih. Dan proses-proses pembekalan tersebut berupa:
1.    Transformasi budaya
Sudah menjadi rubik umum bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya yang begitu beragam, begitu indah, dan begitu banyak yang perlu kita kaji. Yang lebih penting adalah bagaimana kita sebagai bangsa yang tinggal di negara ini dapat melestarikan dan menjadikan kebudayaa ini sebagai asset terbesar di Negara sebagai bahan kebanggaan kita. Proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Nilai-nilai budaya tersebut mengalami proses transformasi dari generasi tua ke generasi muda.
2.    Pembentukan kepribadian
Dewasa ini kita telah mendengar tentang system pendidikan yang mengacu pada karakter bangsa. kepribadian peserta didik yang berpedoman kepada karakter yang diharapkan oleh bangsa, agama dan budaya ketimuran Negara Indonesia. Hal ini menggambarkan bahwa pendidikan ialah proses pembentukan kepribadian peserta didik sehingga sesuai dengan keinginan, cita-cita dan tujuan pendidikan di Negara ini.
3.    Penyiapan warganegara
Pendidikan sebagai penyiapan warganegara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.
4.    Penyiapan tenaga kerja
Pendidikan sebagai penyimpana tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar utuk bekerja. Pembekalan dasar berupa pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kerja pada calon luaran. Ini menjadi misi penting dari pendidikan karena bekerja menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia.

Tujuan Pendidikan
Sesuai dengan cita-cita dan harapan pemerintah, bahwa tujuan pendidikan adalah:  “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga terjadinya perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi bangsa Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”

Proses Pendidikan
Proses pendidikan merupakan kegiatan mobilitas segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Proses tersebut berupa kegiatan belajar dan mengajar antara pendidik dan peserta didik. Proses isi terjadi bisa di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah (formal atau non formal). Keberhasilan dari sebuah pendidikan sangatlah dipengaruhi dari proses ini. Sehingga proses dapat dikatakan sebagai kepala transformasi ilmu.

Unsur-unsur pendidikan
Proses pendidikan melibatkan banyak hal yaitu:
1.    Peserta didik, yaitu subjek yang menjadi target utama transformasi pengalaman akan diberikan (penerima Pengalaman).
2.     Pendidik, yaitu orang yang memberikan pengalaman (Guru)
3.     Proses Pendidikan, yaitu interaksi antara peserta didik dan pendidik (kegiatan transformasi pengalaman)
4.     Tujuan Pendidikan,
5.     Materi Pendidikan
6.     Alat dan atau Metode pendidikan,
7.    Tempat Terjadinya Proses

Unsur-unsur tersebut sangat mempengaruhi berhasil tidaknya pendidikan itu berlangsung. Sehingga ketika salah satu unsure tersebut dihilangankan makan proses pendidikan tersebut akan mengalamu kelumpuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar