Sabtu, 10 Desember 2011

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem adalah suatu komponen yang saling terhubung dan teratur, saling mempengaruhi satu sama lainnya, sistem pendidikan adalah keseluruhann komponen pendidikan yang saling berkaitan secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Secara pribadi saya berpendapat bahwa, sistem pendidikan adalah suatu keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan dan yang berada dalam badan pendidikan itu sendiri, sistem pendidikan harus mempunyai aturan-aturan yang mengikat semua unsur-unsur pendidikan, agar tujuan dari sistem itu bisa tercapai sesuai dengan cita-cita dan harapan bangsa bahwa tujuan pendidikan adalah  “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga terjadinya perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi bangsa Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”
Proses pendidikan akan terhambat, bahkan rusak apabila salah satu system dalam system pendidikan tersebut mengalami kerusakan. Baik itu berupa kerusakan kecil, maupun besar.  Maksudnya satu komponen itu mempengaruhi komponen yang  lainnya, contohnya misalkan di suatu sekolah, ada murid, ada fasilitas, ada tenaga pendididik, tetapi tenaga pendidik tersebut tidak berkualitas misalkan tidak memberikan materi yang lengkap dan tidak sesuai dengan kurikulum. Maka dipastikan tujuan dari pendidikan tersebut tidak mungkin tercapai sebagaimana yang dicita-citakan.



Ciri-ciri sebuah system pendidikan adalah:
Dalam sebuah sistem akan selalu terdapat yang namanya Tujuan, fungsi dan kinerja atau proses transformasi (mobilitas).
Tujuan  yaitu sesuatu yang ingin dicapai oleh suatu sistem itu sendiri atau lebih jelasnya adalah target pencapaian untama dalam sebuah kegiatan.. Untuk mencapai tujuan tentunya kita harus melakukan berbagai usaha yang baik di dalamnya, agar kita bisa mencapainya. Karena adanya tujuan dalam sisitem tersebut, didalamnya pula harus terdapat fungsi.
Fungsi menjelaskan tentang tugas masing-masing bagian dalam suatu sistem. Dijelaskan bahwa dalam setiap sistem  itu memiliki komponen yang mempunyai tugas khusus,  yaitu masing-masing tugas yang harus terlaksana demi mencapai tujuan dari sistem itu sendiri. Semua sistem  yang ada saling berhubungan dan tentunya mempengaruhi satu sama lainnya. Penggabungan suatu sistem menimbulkan suatu keterpaduan sasaran yang di inginkan.
Proses transformasi yaitu suatu proses menjalankan atau mengaitkan system-sitem 1 dengan yang lainnya sehingga akan ada kerja sama agar tujuan dapat tercapai.
Kontrol sistem pasti mengalami proses untuk mencapai misinya. Untuk mengetahui suatu sistem sudah berjalan dengan baik atau tidak tentunya harus meninjau agar ada koreksi atau perbaikan. Meskipun begitu semua sistem yang berhubungan tetap memiliki batasan tertentu.
Pendidikan sepanjang hayat bertumpu pada keyakinan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan. Pendidikan sepanjang hayat merupakan sesuatu proses berkesinambungan yang berlangsung sepanjang hidup. Ide tentang pendidikan sepanjang hayat yang hampir tenggelam, namun banyak sekali teori-teori yang menyetujui tentang pendidikan seoanjang hayat ini. Bahkan sebagai umat islam kita telah diajarkan pula tentang hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar